11 Tahap Mempersiapkan Pernikahan Yang Hemat Serta ELegan

Pernikahan merupakan hal yang sangat sakral di masyarakat kita karena menyangkut dua insan manusia yang dipersatukan untuk menjalani kehidupan yang baru,dengan keluarga baru  dan lingkungan yang baru tentunya.

Syarat suatu Pernikahan sebenarnya sederhana,cukup dua orang calon pengantin,wali nikah,penghulu dan 2 orang saksi .Tetapi dengan alasan karena pernikahan ini merupakan acara yang hanya sekali(belum tentu juga) seumur hidup,sehingga kebanyakan masyarakat merayakannya dengan pesta yang megah.Bukan mengenai bagaimana mengadakan pesta yang besar dengan menghabiskan banyak uang,tetapi membuat suatu pesta pernikahan yang hemat dan terlihat elegan.

dekorasi pengantin

Sebab itu sebaiknya jauh-jauh hari calon pengantin sudah mulai untuk mempersiapkan mulai dari undangan,catering ,tempat resepsi dan hal-hal lainnya yang mungkin saja dapat terlewati.

Banyak kan yang harus di siapkan? tapi sekarang juga sudah banyak yang membuka jasa even organizer(EO) untuk acara pernikahan.Tetapi tidak dengan biaya yang sedikit tentunya.Kembali kepada pilihan,mau menggunakan eo atau kamu sendiri yang akan mengatur semuanya.

Meskipun tanpa menggunakan jasa even organizer,kamu bisa membuat acara pernikahan yang bagus dengan mempersiapkan semuanya dengan sungguh-sungguh.berikut beberapa yang harus kamu lakukan agar pernikahan berjalan sempurna .

11 tahap dalam mempersiapkan pernikahan yang hemat dan mengesankan :

  1. Mempersiapkan Mental

Persiapan mental merupan hal yang utama sebelum menyelengggarakan pernikahan.yakinlah bahwa pernikahan merupakan hal yang wajar di laksanakan orang yang sudah dewasa.Berpikir positif karena jodoh adalah kehendak tuhan.dengan begitu,kamu bisa menghilangkan perasaan negatif jika dia bukan jodoh kamu.Yakinlah bahwa jodoh yang dikirim kepadamu adalah yang terbaik menurut tuhan,dan akan di mudahkan semua urusan setelah menikah nanti .

 

2.Bicarakan antar kedua keluarga

 

Konsultasikan keinginanmu tentang maksud baik itu kepada keluargamu juga  keluarga calon suami/istri.Jangan segan untuk mengungkapkan hal yang kamu butuhkan,juga mendiskusikan tentang jumlah perkiraan biayanya.Berlaku terbuka sehingga akan membuat kamu lega dan tanpa beban untuk mengambil langkah selanjutnya.Dengan begitu,jika kerabat atau saudara jauh punya jasa yang akan di pakai dalam acara pernikahan,mereka dapat membantu misalnya tentang catering,percetakan undangan,fotographer atau yang lainnya.

 

3.Tetapkan Anggaran

 

Persiapkan daftar pengeluaran yang akan di pakai dalam pernikahan nanti.Mulai dari yang paling besar seperti sewa tenda,rias dekor,rias pengantin,catering makanan sampai ke hal-hal kecil seperti souvenir dan perawatan rambut di salon. Buatlah sedetail mungkin anggaran dan sisakan sekitar 10% di tabungan mu untuk menjaga jika ada kebutuhan memdadak.

 

4.Menentukan tempat dan Saat acara Pernikahan

 

Dua bulan sebelumnya,kamu harus memastikan kapan dan dimana  tempat acara akan

Di laksanakan. Jika mempunyai kelebihan anggaran,kamu bisa menyewa tempat seperti gedung atau tempat pertemuan warga.Jika anggaran kamu pas-pasan,lebih baik dilangsungkan di rumah atau calon pasanganmu.

dekorasi pernikahan

5.Menghubungi penyedia jasa Pernikahan dan layanan catering.

 

Jika sudah mementukan tempat acara akan berlangsung dimana,langkah berikutnya yaitu menghubungi persewaan tenda dan layanan catering pernikahan.Biasanya ada yang satu paket.Perkirakan berapa jumlah tamu undangan sehingga penyedia tenda bisa merencanakan desain yang tepat untuk menampung tamu undangan tersebut.Begitu juga dengan cateringnya,biasanya mereka akan menanyakan jumlah tamu yang akan di undang.Setelah mendapat yang sesuai budget,lakukan DP untuk memastikan bahwa kamu akan menggunakan jasa mereka.

6.Buat Daftar Teman,Saudara dan Keluarga Jauh yang akan di undang

 

Buatlah daftar nama yang akan kamu undang di acara pernikahan nanti,sebaiknya cocokkan berapa jumlah undangan dengan biaya catering untuk menghindari kekurangan hidangan sebelum pesta pernikahanmu selesai.

 

7.Hubungi Pemuda Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat

 

Setelah membuat daftar yang akan kamu undang,langkah berikutnya yaitu menghubungi tokoh-tokoh masyarakat sekitar(RT/RW) untuk memintai izin menyelenggarakan pernikahan.Jangan sampai kamu menyelenggarakan  pernikahan tanpa di ketahui oleh perangkat desamu.Hal seperti itu penting karena menyangkut norma dan mencerminkan cara bersosialisasi di masyarakat.Selain tokoh-tokoh tersebut,jangan lupa juga untuk menghubungi pemuda karang taruna untuk meminta bantuan agar acara pernikahan nanti dapat berjalan lancar.Misalnya membantu di tempat parkir tamu undangan dan sebagainya.

 

8.Membuat Undangan Pernikahan

 

Berikutnya adalah mencetak undangan.Sebelum ke percetakan,kamu harus mempersiapkan desain undangan seperti apa mulai dari layout,jenis kertasnya atau nanti kamu juga bisa minta di tempat percetakan contoh macam-macam undangannya,dan kamu tinggal memilihnya. Hal yang kadang terlupakan adalah nama lengkap yang akan kamu undang,nama calon mertua dan denah tempat acara. Jadi,periksa lagi sebelum ke percetakan ya.

 

9.Membeli Mahar,Souvenir dan Baju Pernikahan

 

Persiapkan biaya untuk membeli mahar,souvenir dan baju pernikahan.Cari beberapa tempat di kotamu yang menyediakan perlengkapan souvenir dan baju pernikahan dengan harga terjangkau.Kamu bisa juga searching dulu di internet.Jika punya banyak waktu,sekalian membeli maharnya.

 

10.Membuat resepsi acara untuk sehari saja

 

Untuk menghindari over budget dan kelelahan,sebaiknya kamu membuat acara resepsi dengan singkat dan padat,sehingga cukup untuk satu hari saja.Lamanya acara pernikahan akan berimbas dengan membengkaknya biaya-biaya lain yang harus kamu keluarkan.Sehingga harus lebih bijaksana lagi dalam hal menanggapi masalah seperti ini.

 

11.Cek Ulang

 

Cek sekali lagi apakah semua sudah sesuai dengan anggaran dan perencanaanmu.Jika ada perubahan,lakukan lah karena masih ada waktu.

 

 

Bagaimana,sudah pahamkan bagaimana membuat  acara pernikahan yang murah dan elegan? Semoga berlangsung sukses dan menjadi keluarga yang bahagia nantinya.

Post Author: lika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *